Horas - Salam Khas Batak

Horas - Salam Khas Batak. - Indonesia adalah negara yang kaya akan adat istiadat dan budaya, dan yang selalu menjungjung tinggi adat istiadat dan budayanya. Oleh karena itulah kenapa wisatawan mancanegara selalu berkeinginan untuk mendatangi negara kita. Ada yang sekedar ingin menikmati keindahan alam Indonesia, mempelajari budaya-budaya yang ada di negara kita, bahkan berkeinginan untuk menetap tinggal dan tidak sedikit ada yang menikah dan menjadi warga negara Indonesia karena mencintai adat istiadat dan budaya kita.

Dari 33 propinsi yang ada saat ini, terdiri dari berbagai macam suku, adat istiadat, budaya dan agama. Salah satu propinsi yang besar adalah Sumatera Utara. Sumatera Utara yang selalu identik dengan suku Batak, walaupun sebenarnya di dalamnya bukan hanya suku Batak saja, ada Jawa, Cina, Melayu, dan Nias. Dari berbagai suku tersebut memiliki salam khas yang selalu identik dengan suku tersebut.

Ulos dan rumah Adat Batak - Sumber Foto : Mesin Pencari
Suku Batak, memiliki salam khas yang sangat populer dan bahkan sudah mendunia. Yaitu kata "HORAS".

Horas adalah salam khas Batak. Kata "horas" adalah ungkapan rasa gembira dan syukur dan juga pengharapan atas keselamatan dan berkat dari Tuhan Yang Maha Esa. Kata "Horas" diucapkan pada saat berjumpa maupun saat akan berpisah. "Horas" juga digunakan sebagai salam pembuka dan penutup dalam setiap acara Batak.

Jika seseorang mengucapkan salam "horas" kepada anda sahutlah dengan mengucapkan "horas" juga. Ini akan membantu menciptakan suasana yang bersahabat dan bersemangat, karena artinya yang sangat indah dan penuh makna. Itulah maka banyak orang Batak menamai anaknya dengan nama "Horas".

Anda dapatkan sesuatu dari catatan ringan di atas, kalau ada yang kurang silahkan ditambahkan di komentar. HORAS...HORAS... HORAS.

1 Response to "Horas - Salam Khas Batak"

Thank you for your comment, I hope you get something from the presentation of this blog.

Tinggalkan Jejak Bos-Bos di Kolom Komentar. Biar Kita Saling Berbagi Pengalaman