Inilah Wisata Transportasi dalam Kota Bersama Keluarga

BOS RINGO - Inilah Wisata Transportasi dalam Kota Bersama Keluarga. Liburan telah tiba. Hore... Hore... Hore... Tapi mau kemana yah. Jangan khawatir, Bos Ringo akan mengajak Anda dan keluarga Anda berwisata ria di dalam kota tanpa harus jauh-jauh.

Inilah Wisata Transportasi dalam Kota Bersama Keluarga
Wisata Bersama Keluarga (Foto: nyonyaerlangga.wordpress.com)

Masih ada beragam kegiatan (wisata) yang bisa dilakukan bersama keluarga kesayangan kita tanpa perlu mengeluarkan banyak uang. Salah satunya adalah Wisata Transportasi. Maksudnya adalah mengajak anak-anak mengamati jenis-jenis transportasi yang lumrah yang dipakai oleh masyarakat kita. Ini bisa dilakukan di dalam kota. Ingat, jika mengajak anak-anak jangan lupa membawa masker dan payung.

Inilah Wisata Transportasi dalam Kota Bersama Keluarga

Bandara
Kalau di kota kita ada Bandara, ini bisa menjadi tempat wisata yang menyenangkan. Mengamati aktivitas pesawat terbang saat akan lepas landas atau mendarat akan memberi pengalaman dan pengetahuan berharga untuk anak-anak. Semisal, kita bisa menjelaskan fungsi radar, menara pengawas penerbangan, jenis-jenis pesawat, dan mengapa pesawat melawan arah angin saat hendak terbang atau mendarat.

Stasiun
Salah satu transportasi yang paling favorit di Indonesia adalah Kereta Api. Melihat dari dekat kegiatan operasionalnya di stasiun tentu akan amat menyenangkan. Anak-anak bisa memiliki pengetahuan baru, misalnya jenis-jenis kerata api, mengenal profesi masinis dan pemimpin perjalanan kereta api, atau sinyal-sinyal perkereta-apian. Momen-momen saat kereta api merapat ke stasiun atau tatkala lokomotif disambung dengan rangkaian gerbong akan menjadi peristiwa yang unik untuk diceritakan anak-anak kepada teman-temannya.

Pelabuhan
Beruntunglah kita jika memiliki rumah yang tak terlalu jauh dari pelabuhan. Ini menyenangkan. Sebab, kita bisa bersama-sama keluarga mengamati betapa terampilnya para nahkoda saat menyandarkan kapal-kapal besar mereka ke dermaga. Dari batas-batas tertentu, kita juga bisa mengajak anak-anak melihat langsung proses bongkar muat barang dari kapal ke dermaga. Selain menatap sendiri kegiatan perkapalan, anak-anak bisa melihat wujud ubur-ubur yang banyak terlihat saat masim ubur-ubur tiba.

Terminal Bus
Tempat ini juga mengasyikkan untuk diperhatikan. Bus masih menjadi moda transportasi darat yang banyak dipakai masyarakat kita. Ada beragam jenis bus yang bisa dilihat di terminal. Ada bus yang usianya sudah senja, tetapi perawatannya terjaga, ada pula bus yang penampilannya buruk, tetapi mesinnya amat berisik. Di terminal, kita bisa pula mendengar calon penumpang beradu kelincahan argumen saat tawar-menawar harga dengan penjual tiket bus.

Naik Andong Besama Anak - Inilah Wisata Transportasi dalam Kota Bersama Keluarga
Naik Andong Besama Anak Menyenangkan
(Foto: nyonyaerlangga.wordpress.com)
Pangkalan Andong
Beberapa kota di Nusantara memiliki alat transportasi tradisional seperti andong atau delman. Mereka umumnya memiliki pangkalan di beberapa sudut kota sebagai tempat ngetem. Anak-anak umumnya akan senang jika diajak melihat dari dekat kereta berkuda. Lebih baik jika kita mengajak anak-anak untuk naik dan berkeliling sejenak di tengah kota.

Itulah beberapa Wisata Transportasi dalam Kota Bersama Keluarga. Tentunya Anda punya informasi menarik lainnya mengenai Wisata Transportasi di Kota Anda tinggal. Semoga Anda menyukai catatan ringan ini. Dan tidak lupa pula Bos Ringo mengucapkan "Selamat jalan-jalan dan selamat berlibur bersama keluarga". Tuhan memberkati.

Artikel ini disadur dari Koran Kompas Edisi Cetak, Kolom Klasika, Hal. 35, Kamis 10 April 2014.

2 Responses to "Inilah Wisata Transportasi dalam Kota Bersama Keluarga"

  1. betul juga mas bro.. tidak terpikirkan oleh saya untuk berwisata di bandara... hahahaha...

    ReplyDelete

Thank you for your comment, I hope you get something from the presentation of this blog.

Tinggalkan Jejak Bos-Bos di Kolom Komentar. Biar Kita Saling Berbagi Pengalaman