Ad Code

Ticker

6/recent/ticker-posts

6 Bisnis Alternatif Bermanfaat Bagi Anak Kampus

BOS RINGO - Inilah 6 Bisnis Alternatif Bermanfaat Bagi Anak Kampus. Berbicara mengenai Anak Kampus atau orang kuliahan, kebanyakan orang akan berpikiran negatif. Misalnya mahasiswa itu kerjaannya hanya demonstrasi di jalanan. Sementara itu ada fenomena Ayam Kampus dimana mahasiswi berperan ganda sebagai wanita panggilan, dan masih banyak lagi hal-hal negatif lainnya. Ada benarnya juga memang bila berpikiran seperti itu. Tapi itu adalah pola pikir yang sangat keliru, itu hanya sisi gelap dari anak kuliahan.

Anak Kampus atau mahasiswa/i adalah putra-putri bangsa yang akan menjadi calon pemimpin-pemimpin negara ini. Anak Kampus adalah orang yang memiliki banyak kreatifitas dan penuh semangat, lincah dan siap tempur membela kebenaran dan keadilan. Anak kampus selalu melihat perkembangan zaman. Memperhatikan masyarakat di sekitarnya, dan lain sebagainya. Tentu dalam hal ini Anda dan saya pasti setuju bukan.

6 Bisnis Alternatif Bermanfaat Bagi Anak Kampus
Mahasiswi Bejualan di sekitar kampus - Foto: Google Image

Kenapa Anak Kampus
Seorang anak kampus, alias mahasiswa, memiliki tugas utama adalah belajar dan menimba ilmu. Dan belajar tidak mutlak atau tidak harus belajar mata kuliah yang diajarkan dosen di kelas. Jadi, seorang anak kampus harus belajar apa saja? Banyak dong, belajar menjalani kehidupan sebenarnya, dan salah satunya belajar bisnis. Bisnis adalah salah satu elemen penting dalam hidup ini. Jadi anak kampus harus belajar bisnis, dan karena anak kampus, dia harus memberikan contoh cerminan anak muda yang progresif revolusioner, artinya anak kampus harus bisa memberikan solusi alternatif, sekaligus menarik. Seperti seorang mahasiswi yang menarik (lihat gambar). Maka belajarlah mencari binis alternatif, sesuai dengan judul artikel ini, bisnis alternatif anak kampus.

Bisnis Alternatif Anak Kampus
Apa yang dimaksud Bisnis Alternatif Anak Kampus? Simpel saja, anak kampus harus berani menggali ide-ide baru dalam bisnis. Bisa dalam aplikasi bisnisnya, bisa juga dalam teori bisnis. Tetapi yang paling bagus adalah aplikasi bisnis yang alternatif. Bagaimana kriteria bisnis alternatif anak kampus? Ini juga simpel kok. Intinya harus bisnis model baru, terobosan cara berbisnis, bisnis gaya baru dan tidak pernah dilakukan orang sebelumnya. Cara? Gampang saja. Salah satu ciri menemukan bisnis alternatif anak kampus adalah ketika kamu menemukan ide berbisnis dan kemudian kamu sendiri bilang, “Ah, tidak mungkin, mana ada bisnis seperti itu?”, atau ada teman kampus kamu juga komentar, “Siapa yang mau beli, gak mungkin ah!” .. dst, dst…nah! Selamat, berarti kamu telah mendapat ide cemerlang. sebuah ide bisnis alternatif anak kampus. Karena salah satu ciri bisnis alternatif adalah membuat hal tidak mungkin sebelumnya, menjadi mungkin setelah dilakukan.

Contoh Bisnis Alternatif anak kampus? Wah kalo disebutkan contohnya, bisa tidak alternatif lagi dong…:). Oke-lah, akan disebutkan contoh-contoh bisnis alternatif anak kampus, kamu boleh mengambil untuk jadi bisnis kamu di kampus atau di tempat kost.

Inilah 6 Bisnis Alternatif Bermanfaat Bagi Anak Kampus

1. Bisnis Konsultasi dan Perlindungan Tempat Kost.
Ini termasuk bisnis di bidang jasa, yaitu jasa memberikan gambaran tempat kost di seputaran kampus buat teman kampus baru. Selain itu, bisnis ini pun bisa menjadi tempat curhat dan berlindung bagi mereka yang ada masalah di tempat kost. Misalnya masalah pembayaran uang kost, fasilitas kost atau suasana dalam kost. Bisnis ini memberi peluang keuntungan ganda, yaitu dari anak kampus baru yang menjadi klien dan dari pemilik tempat kost, mereka bisa beriklan di sini. Detail bisnis-nya, cari sendiri ya…

2. Bisnis Jasa Pencarian Pendamping Wisuda.
Maaf ini bukan bisnis kontak jodoh atau bisnis yang berbau melanggar norma seperti bisnis wanita penghibur dan sebagainya. Memang resikonya adalah bisnis ini bisa dianggap sebagai jual beli wanita kampus, dan yang jelek lainnya, tetapi kamu harus siap untuk itu. Yang penting kamu tidak bisnis yang seperti itu. Jasa pencarian pendamping wisuda ini meliputi bisnis sewa orang tua (bapak ibu), dan sewa pendamping wisuda. Bisnis ini didasari dari pemikiran untuk membantu mereka yang orang tua-nya tinggal jauh di daerah dan tidak memiliki banyak uang untuk pergi menemani anaknya yang akan wisuda. Dan juga membantu mencari pasangan, bagi mereka yang belum memili calon pendamping hidup, pacar dan sebagainya. Tetapi bukan mencarikan jodoh lho..sekedar mendampingi selama wisuda saja. Kalaupun nanti berlanjut ke jenjang serius, tentu harus disyukuri. Detailnya, silakan digali sendiri…

3. Bisnis Persewaan Furniture Kost.
Untuk melayani kebutuhan meja kursi dan sebagainya di tempat kost yang tidak menyediakan fasilitas tersebut. Karena kalau kita beli, maka setelah lulus pun kita biasanya bingung, mau diapakan perlengkapan meja kursi itu. Paling-paling dijual lagi kan? Atau dihadiahkan ke adik angkatan atau teman kampus lainnya. Nah, sedikit membuang uang kan? Makanya, biar lebih irit, teman kampus sewa saja.

4. Bisnis Hiburan di Kampus.
Maksudnya, tidak semua anak kampus senang mengisi waktu kosong di kampus dengan hal positif, misalnya ke perpustakaan, olah raga, maen musik atau aktif di unit kegiatan kampus. Itu semua adalah kegiatan pengisi waktu luang selama di kampus yang bersifat positif kan? Nah, banyak juga yang tidak memiliki ide waktu kosongnya di kampus, karena tidak punya ketertarikan hal-hal tersebut. Cobalah manfaatkan model teman kampus yang seperti ini. Mereka yang setelah kuliah langsung pulang ke tempat kost, kemudian di tempat kost nyetel musik dan tidur atau malah ke hal-hal negatif, adalah sasaran bisnis ini. Tawari mereka untuk nonton DVD movie terbaru, di kampus atau sewa Playstation dan semuanya dilakukan di kampus. Daripada mereka pulang ke tempat kost, padahal, selang beberapa jam lagi mereka ada kuliah. Jadi sambil mengisi kekosongan itu, tawari jasa bisnis ini. Yakin deh, mereka akan tertarik. Apalagi kalau biayanya bisa patungan.

5. Bisnis Kaos Wisuda.
Kembali ke topik bisnis seputar wisuda. Karena wisuda adalah momen terakhir teman kampus bergaul di kampus, maka tawarilah mereka, dengan kaos perpisahan. Detail silakan pikir sendirilah…Intinya, kaos wisuda bisa didesain khusus untuk fakultas atau jurusan tertentu, dan djual hanya saat wisuda. Jadi bikin saja stok terbatas. Desain harus unik, dan bisa dijadikan kenang-kenangan terakhir mereka di kampus. Oke, paham kan?

6. Bisnis cafe sarjana, yang hanya buka saat wisuda saja. Atau bisnis penitipan barang kost selama lebaran, bisnis makanan khas dari daerah, dst dll…banyak loh.

Itulah 6 Bisnis Alternatif Bermanfaat Bagi Anak Kampus yang mungkin bisa dijadikan pemicu bisnis yang lain bagi teman kampus sekalian. Semoga bisa bermanfaat. Think never think then you’ll get the gold! Selalu berpikiran Positif dan Tuhan memberkati.

Referensi: Blog Sahabat

Post a Comment

0 Comments