Hari ini Google Doodle Rayakan Ulang Tahun148 Tahun Wassily Kandinsky

BOS RINGO - Salam... Selamat datang di blog Bos Ringo. Kali ini akan menampilkan tentang Google Doodle. Dimana ketika kita membuka laman Google.com atau Google.co.id, maka layar pertama kali muncul adalah Gambar Google Doodle. Seperti biasanya, Google Doodle akan menampilkan sebuah gambar yang menggambarka tentang seseorang (tokoh) atau hari besar di beberapa negara. Kebenaran Hari ini Google Doodle Rayakan Ulang Tahun148 Tahun Wassily Kandinsky. Siapa itu Wassily Kandinsky? Simak selanjutnya di bawah ini.

Hari ini Google Doodle Rayakan Ulang Tahun148 Tahun Wassily Kandinsky

Siapa itu Wassily Kandinsky?
Wassily Wassilyevich Kandinsky adalah pelukis dan teoretikus seni berpengaruh asal Rusia. Lahir di Moskow, 16 Desember 1866, dan pada umur 77 tahun meninggal dunia, tanggal 13 Desember 1944. Ia dianggap sebagai seniman pertama yang melukis karya seni abstrak murni. Kabdinsky menghabiskan masa kecilnya di Odessa. Ia kemudian masuk ke Universitas Moskow, mempelajari ekonomi dan hukum. Sukses dengan pekerjaannya sebagai kepala profesor Hukum Romawi di University of Dorpat, ia lalu mulai melukis sketsa, gambar makhluk hidup, dan anatomi pada usia 30 tahun.

Pada tahun 1896 Kandinsky menetap di Munich, belajar di sekolah swasta Anton Ažbe dan kemudian di Academy of Fine Arts. Ia kembali ke Moskow pada tahun 1914 setelah pecahnya Perang Dunia I. Teori-teori Kandinsky tidak dihargai oleh komunis Moskow, dan akhirnya ia kembali ke Jerman pada tahun 1921. Di Jerman, ia mengajar di sekolah seni dan arsitektur Bauhaus dari tahun 1922 sampai Nazi menutupnya pada 1933. Ia kemudian pindah ke Perancis, tempat ia menghabiskan sisa hidupnya, menjadi warga negara Perancis pada 1939 dan menciptakan karya-karyanya yang paling terkenal. Ia meninggal dunia di Neuilly-sur-Seine pada tahun 1944.

Biografi Wassily Kandinsky
Wassily Kandinsky
Kandinsky adalah salah seorang tokoh seni abstraksi murni dalam seni lukis modern. Setelah sukses mengadakan berbagai pameran avant-garde, ia membentuk sebuah kelompok berpengaruh di kota Munich yang bernama Der Blaue Reiter (The Blue Rider; 1911–1914) dan memulai secara total membuat lukisan aliran seni abstrak. Gaya pelukisannya berubah dari fluida dan organik menjadi geometris hingga akhirnya menjadi berunsur piktogram.

Kandinsky memulai pendidikan resminya dalam dunia seni ketika ia berada di kota Munich. Di sana, ia bergabung dalam sebuah sekolah seni lukis swasta prestisius dan kemudian bergabung dalam Munich Academy of Arts. Namun, lebih banyak pengetahuannya ia dapatkan melalui belajar mandiri.Dia mulai melukis dengan tema konvensional tapi sembari demikian ia membentuk teori-teori yang berasal dari pelajaran spiritual dan hubungan yang intim antara musik dan warna. Teori-teori tersebut berkembang sepanjang abad ke 20 dan menjadikannya Bapak Seni Abstrak.

Buku karya Kandinsky
Beberapa hasil karya Wassily Kandinsky adalah sebagai berikut
  • Wassily Kandinsky, M. T. Sadler (Translator), Adrian Glew (Editor). Concerning the Spiritual in Art. (New York: MFA Publications and London: Tate Publishing, 2001). 192pp. ISBN 0-87846-702-5
  • Wassily Kandinsky, M. T Sadler (Translator). Concerning the Spiritual in Art. Dover Publ. (Paperback). 80 pp. ISBN 0-486-23411-8. or: Lightning Source Inc Publ. (Paperback). ISBN 1-4191-1377-1
  • Wassily Kandinsky. Klänge. Verlag R. Piper & Co., Munich
  • Wassily Kandinsky. Point and Line to Plane. Dover Publications, New York. ISBN 0-486-23808-3
  • Wassily Kandinsky. Kandinsky, Complete Writings on Art. Da Capo Press. ISBN 0-306-80570-7

Sumber: Google.com dan Wikipedia

0 Response to "Hari ini Google Doodle Rayakan Ulang Tahun148 Tahun Wassily Kandinsky"

Post a Comment

Thank you for your comment, I hope you get something from the presentation of this blog.

Tinggalkan Jejak Bos-Bos di Kolom Komentar. Biar Kita Saling Berbagi Pengalaman