Yuk Mengintip Google Doodle Hari Ini: Ulang Tahun 101 Sistem Lampu Lalu Lintas Listrik Pertama Ditemukan

BOS RINGO - Salam. Saya sangat beruntung hari ini saat membuka laman Google.com. Mungkin Anda bertanya kenapa saya merasa beruntung, itu dikarenakan saya mendapat pengetahuan umum dari Google. Dimana saya menjadi tahu bahwa Hari Ini (Rabu,5/8/15) adalah Ulang Tahun 101 Sistem Lampu Lalu Lintas Listrik Pertama Ditemukan. Thanks Google telah memberikan info-info terkini mengenai hari-hari besar di dunia ini.

Google Doodle Hari Ini: Ulang Tahun 101 Sistem Lampu Lalu Lintas Listrik Pertama Ditemukan
Ketika kita membuka laman Google.com hari ini, maka kita akan menemukan sebuah gambar animasi yang bagus dan menarik. Yang biasa menampilkan gambar ini adalah Google Doodle. Yah... Google Doodle Hari Ini: Ulang Tahun 101 Sistem Lampu Lalu Lintas Listrik Pertama Ditemukan. Lihat gambarnya di bawah ini.
Google Doodle Hari Ini: Ulang Tahun 101 Sistem Lampu Lalu Lintas Listrik Pertama Ditemukan
Google Doodle Hari Ini: Ulang Tahun 101 Sistem Lampu Lalu Lintas Listrik Pertama Ditemukan - Foto: Google.com
Dan di bawah ini adalah Gambar Animasinya, silahkan lihat gambar Google Doodle Hari Ini: Ulang Tahun 101 Sistem Lampu Lalu Lintas Listrik Pertama Ditemukan.

Hari ini perusahaan teknologi mesin pencari terbesar Google melalui Doodle memperingati ditemukannya lampu lalu lintas pertama kali. Terlihat pada halaman Google, ada gambar bergerak (animasi) lampu lalu lintas dua buah dengan warna merah dan hijau.

Jika lampu merah menyala, mobil dalam bentuk animasi lucu berhenti dan ketika lampu hijau menyala maka mobil-mobil tersebut berjalan lagi. Hari ini, warna lampu lalu lintas tidak lagi dua warna melainkan terdiri dari 3 warna yakni Merah untuk Stop, Kuning untuk peringatan hati-hati, dan Hijau untuk berjalan.

Yuk Mengintip Google Doodle Hari Ini: Ulang Tahun 101 Sistem Lampu Lalu Lintas Listrik Pertama Ditemukan
Animasi Google Doodle Hari Ini: Ulang Tahun 101 Sistem Lampu Lalu Lintas Listrik Pertama Ditemukan - Foto: Google.com

Kapan lampu lalu lintas pertama kali ditemukan? Lampu lalu lintas listrik sangat penting. Pada tahun 1868 sistem lampu lalu lintas pertama mulai hadir menghiasi kota London tepatnya di bagian luar Gedung Parlemen di Inggris oleh sarjana lalu lintas, J.P Knight pada tanggal 10 Desember 1868.

Sejarah lampu lalu lintas.

Ketika hadir pertama kali, lampu lalu lintas masih mengandalkan tenaga gas. Pada 2 Januari 1869, tiba-tiba lampu tersebut meledak dan melukai seorang polisi sehingga harus dioperasi.

Sejak kejadian itu, tidak ada perkembangan teknologi lampu lalu lintas. Nanti pada awal tahun 1912 lampu lalu lintas modern ditemukan di Amerika Serikat tepatnya di Salt Lake City. Seorang polisi berasal dari Utah menemukan lampu lintas pertama yang dijalankan dengan tenaga listrik.

American Traffic Signal Company akhirnya pada 5 Agustus 1914 memasang sistem lampu sinyal di dua sudut jalan di Ohio. Lampu sinyal ini terdiri dari dua warna, merah dan hijau, dan sebuah bel listrik yang di desain oleh James Hoge. Bel listrik di sini fungsinya untuk memberi peringatan jika ada perubahan pada nyala lampu. Lampu ini dapat dikontrol oleh pihak kepolisian dan pemadam kebakaran jika ada dalam keadaan darurat.

Model tiga warna mulai diperkenalkan pada awal tahun 1920 oleh seorang petugas polisi, William Potts, di Detroit, Michigan, USA, dan menjadi awal sejarah lampu lalu lintas 3 warna di seluruh dunia.

Dengan teknologi yang terus berkembang pada masa itu, akhirnya lampu lalu lintas pertama yang dioperasikan secara otomatis diperkenalkan pada Maret 1922 di Houston, Texas, Amerika Serikat.

Di Inggris sendiri yang menjadi sejarah pertama kali lampu lalu lintas hadir, mulai menggunakan lampu lalu lintas di Wolverhampton pada tahun 1927 dengan teknologi baru

Demikian Catatan Ringan si Bos mengenai "Yuk Mengintip Google Doodle Hari Ini: Ulang Tahun 101 Sistem Lampu Lalu Lintas Listrik Pertama Ditemukan". Semoga Bermanfaat. Tuhan Memberkati.***

0 Response to "Yuk Mengintip Google Doodle Hari Ini: Ulang Tahun 101 Sistem Lampu Lalu Lintas Listrik Pertama Ditemukan"

Post a Comment

Thank you for your comment, I hope you get something from the presentation of this blog.

Tinggalkan Jejak Bos-Bos di Kolom Komentar. Biar Kita Saling Berbagi Pengalaman