Inilah 10 Tips Etika Pergaulan Di Dunia Medsos

BOS RINGO - Salam. Media Sosial tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita. Bahkan Media Sosial ini sudah menjadi bagian dari hidup kita, tidak sedikit orang berbagi info dan curhat melalui media sosial. Sebenarnya Apa itu Media Sosial?
Inilah 10 Tips Etika Pergaulan Di Dunia Medsos
Ilustrasi (Foto: Google image)
Media sosial (biasa disingkat "Medsos") adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai "sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content". (Disadur dari Wikipedia Indonesia)
Menurut informasi yang kami ketahui, bahwa hampir setengah penghuni di dunia ini telah menggunakan internet, dan sebagain dari pengguna internet tsb telah memanfaatkan Medsos untuk berinteraksi satu sama lain. Bahkan sudah terhubung dengan sesama pengguna Medsos. Ada yang sekedar mencari berita, berbagi info, saling cerita dll.

Biasanya untuk terhubung dengan satu sama lain kita harus menggunakan Situs Jejaring Sosial. Situs jejaring sosial yang paling digemari adalah Facebook dan Twitter. Alasannya adalah karena bisa berbagi foto-foto atau video.

Etika Pergaulan Di Dunia Medsos
Pesatnya perkembangan media sosial kini dikarenakan semua orang seperti bisa memiliki media sendiri. Jika untuk memiliki media tradisional seperti televisi, radio, atau koran dibutuhkan modal yang besar dan tenaga kerja yang banyak, maka lain halnya dengan media. Seorang pengguna media sosial bisa mengakses menggunakan jaringan internet bahkan yang aksesnya lambat sekalipun, tanpa biaya besar, tanpa alat mahal dan dilakukan sendiri tanpa karyawan. Pengguna media sosial dengan bebas bisa mengedit, menambahkan, memodifikasi baik tulisan, gambar, video, grafis, dan berbagai model content lainnya.

Menurut Antony Mayfield dari iCrossing, media sosial adalah mengenai menjadi manusia biasa. Manusia biasa yang saling membagi ide, bekerjasama, dan berkolaborasi untuk menciptakan kreasi, berpikir, berdebat, menemukan orang yang bisa menjadi teman baik, menemukan pasangan, dan membangun sebuah komunitas. Intinya, menggunakan medsos menjadikan kita sebagai diri sendiri. Selain kecepatan informasi yang bisa diakses dalam hitungan detik, menjadi diri sendiri dalam media sosial adalah alasan mengapa media sosial berkembang pesat. Tak terkecuali, keinginan untuk aktualisasi diri dan kebutuhan menciptakan personal branding (Wikipedia Indonesia).

Meskipun kita bebas menggunakan Medsos dalam hal apapun, ada etika yang harus kita perhatikan dalam dunia pergaulan medsos. Apa saja Etika Pergaulan Medsos tersebut, mari kita simak berikut di bawah ini.

Inilah 10 Tips Etika Pergaulan Di Dunia Medsos

1. Medsos itu pakai bahasa tulis. Makna dan persepsi pembaca dari tulisan kita ya semata-mata dari tulisan. Orang tidak lihat ketika menulis itu apakah lagi senyum, lagi serius, lagi ngakak, atau lagi ngelindur. Kalau sebagian besar orang salah persepsi terhadap tulisan kita, terima saja kenyataan kalau kitanya yang salah, kurang tepat menuangkan maksud kita ke dalam bahasa tulis. Daripada belakangan sibuk klarifikasi, mending mikir dua kali sebelum tekan tombol kirim.

2. Huruf besar semua artinya BERTERIAK. Jadi matikan tombol caps lock!

3. Gambar, video, audio makan kuota lebih banyak dibanding tulisan. Hindari mengirim gambar, video, audio yang tak perlu. Siapa tau ada teman anda yang tidak tahu cara mematikan auto download, bikin paket dia cepat habis.

4. Di grup, biarpun hanya muncul nama-nama dan nomor-nomor, di belakangnya tetaplah manusia yang punya otak dan pakai perasaan. Jadi tetap berlaku etika pergaulan di dunia nyata, misalnya saling menghargai, tidak gampang ngumbar rahasia, tidak merendahkan dan membully, serta ngobrol hal-hal yang relevan dengan SEMUA orang. Kalau ada yang tidak relevan dengan kebanyakan orang, so... japri (jaringan pribadi) saja.

5. Jangan mudah broadcast info dari org lain, terutama info kesehatan, kalau anda sendiri tidak yakin kebenarannya. Disebutnya nama dokter di info itu bukan jaminan infonya benar. Info kesehatan harus jelas sumbernya dan dapat dipertanggungjawabkan.

6. Jangan posting foto atau tulisan yang berbau mesum, yang pada umumnya melecehkan perempuan. Info sosmed itu nyebarnya luar biasa kilat. Bayangkan saja kalau foto yang melecehkan itu adalah ibu Anda, istri anda, anak perempuan anda, adik/kakak perempuan anda. Gimana perasaan anda kalau foto mereka dijadikan bahan guyonan mesum?

7. Politik itu penting. Memihak pada salah satu partai atau capres/cagub/cawali itu hak. Tapi jangan paksakan pandangan politik anda di grup. Kalau mau mengkritik/mendukung salah satu calon, cari sarana dan cara yang tepat.

8. Kalau anggota grup sukunya, agamanya, alirannya, macam-macam, ya hati-hatilah kalau mau posting. Jangan posting yang melecehkan menjelekkan suku, agama, partai, lain. Agama itu bukan sebatas ayat. Ajakan kebaikan universal lebih bermanfaat buat semua.

9.Tidak menjadikan grup arena berbisnis secara berlebihan, jadi bukannya nggak boleh, kecuali jika memang sejak awal dibuat grup diperuntukkan untuk hal tersebut. Mengirim foto/video atau broadcast bisa mengganggu kenyamanan teman. Kecuali jika info tentang produk yang kita jual itu diperlukan dan diminta untuk di-upload di grup. Jika berniat untuk mempromosikan produk yang kita jual bisa dipasang fotonya di DP kita berikut statusnya yang menjelaskan performa produknya. Toh biasanya orang cenderung senang memperhatikan perubahan newsfeed di timelinenya bukan ? Jadi tak usah khawatir promo dagangan kita tak ada yang melihat.

10. Saya yakin.. kita semua punya beberapa group dengan komunitas yang berbeda (group kuliner, religi, politik, alumni, arisan, bisnis, ortu siswa dll). Maka postinglah info anda sesuai dgn peruntukannya.

Yang Perlu Diperhatikan Dalam Pergaulan Medson (Group / Kelompok)
  • Jangan memposting materi salah satu agama di group yang isinya orang-orang yang berbeda agama.
  • Jangan memposting politik di group kuliner atau arisan.. karena bisa jadi teman-teman anda tidak berkenan.
Hindari ngobrol SARA.
Batasi ngobrol SARU.
Hanya posting yang PERLU.
Ayok ngobrol SERU.

Demikianlah Catatan Ringan Si Bos dengan topik diatas. Semoga bermanfaat dan berguna untuk kita semua. Satu hal.... Be smart yaa... Kan hape nya sudah smart. Hehehehe.... Tuhan Memberkati.


Editor: Bos Ringo Blog
Referensi/Sumber: Wikipedia, Group Medsos WA Biologi SMA 13 Jakarta

0 Response to "Inilah 10 Tips Etika Pergaulan Di Dunia Medsos"

Post a Comment

Thank you for your comment, I hope you get something from the presentation of this blog.

Tinggalkan Jejak Bos-Bos di Kolom Komentar. Biar Kita Saling Berbagi Pengalaman