Alasan Membuat Situs Palsu Atau Dummy

BOS RINGO - Inilah Alasan Membuat Situs Palsu Yang Beredar Luas. Saat ini, isu situs palsu begitu santer diperbincangkan di media online. Bahkan isu tersebut sudah sampai ditangan yang berwajib. Bukan hanya itu saja, Dewan Pers di Republik ini pun kelimpungan menangani hal ini. Tidak lupa pula Menteri Tifatul Sembiring mengultimatum akan menutup situs-situs palsu tersebut.

Alasan Membuat Situs Palsu Atau Dummy

Masalahnya... Apakah itu benar-benar situs palsu?
Yang saya tahu, yang namanya palsu benar-benar mirip dengan yang asli. Sementara situs-situs yang dikatakan palsu tersebut tidaklah mirip dengan aslinya. Malah berbeda jauh sekali. Dari tampilan gambar (template situs) sampai dengan isi beritanya.

Saya sempat mengunjungi salah satu situs tersebut. Sebut saja namanya kompas.com--news.com. Isinya biasa saja, hampir sama dengan situs-situs sejenis yang isinya bernuansa menghasut. Di kehidupan nyata bisa dibilang seperti Obor Rakyat. So... bisa dibilang bukan palsu. Yang menjadi pertanyaan saya, kepalsuannya dimana yah?

Inilah Alasan Membuat Situs Palsu Yang Beredar Luas
Dari pengalaman saya di dunia blogger, yang namanya Situs Palsu itu tidak ada. Karena Nama Domain atau nama situs hanya bisa digunakan 1 saja. Misalnya, Kompas.com hanya bisa digunakan oleh pemilik situs Kompas.com, sementara yang lain tidak bisa menggunakannya. Apabila ada yang ingin menggunakan istilah kata Kompas, maka sipemilik situs harus menambah kata didepan atau diakhir kata Kompas. Misalnya 123Kompas.com atau malah seperti situs yang dianggap palsu tersebut di atas Kompas.com--News.com.

So... Tidak ada yang namanya Situs Palsu.

Alasan lain adalah sipemilik situs hanya ingin menembak kata kunci. Contohnya KOMPAS. Bisa dibilang kata kunci tersebut adalah KOMPAS. Dimana nama situs Kompas.com sudah begitu terkenal dan bisa menjadi alat untuk menarik pengunjung. Ntah itu untuk komersial atau tidak. Semua tergantung dari pemilik atau pengelola situs tersebut (maksudnya orang yang menembak kata kunci).

Ada juga istilah Situs SPAM. Situs ini bukanlah situs yang mirip dengan situs lainnya, melainkan dibuat untuk mengelabui para pengunjung. Bisa juga dikatakan Situs Penipu. Situs-Situs yang seperti yang harusnya di Waspadai. Karena memang tujuannya adalah untuk mencari keuntungan belaka. Tanpa memikirkan kerugian dari sipengunjung situs. Misalnya, situs pencuri email, pencuri kartu kredit atau lain sebagainya.

Bagaimana Situs Yang Bukan Situs Palsu tapi isinya Menghasut?
Terkuaknya situs-situs yang dikatakan SITUS PALSU karena namanya mirip dengan Portal Berita, menjadi sebuah fenomena di tanah air yang kita cintai ini. Saya pikir, ini semua karena komersialisasi. Atau kurangnya pengunjung situs, sehingga situs yang dikatakan asli mengalami penururnan trafik. Padahal, banyak situs-situs yang menghasut di internet dibiarkan begitu saja. Apa bedanya bukan?

Saya bisa menyimpulkan, bahwa tidak ada SITUS PALSU. Yang ada adalah Situs Dummy (Menyerupai) bertujuan menembak kata kunci yang populer saat ini di internet agar situs yang baru saja dibuat banyak yang mengunjungi.

Mungkin pendapat Anda berbeda dengan saya, tapi itulah Catatan Ringan saya mengenai Alasan Membuat Situs Palsu Atau Dummy. Salam Blogger [Bos Ringo]

0 Response to "Alasan Membuat Situs Palsu Atau Dummy"

Post a Comment

Thank you for your comment, I hope you get something from the presentation of this blog.

Tinggalkan Jejak Bos-Bos di Kolom Komentar. Biar Kita Saling Berbagi Pengalaman