Google Doodle Hari Ini Merayakan 126 Tahun Pembukaan Menara Eiffel Ke Publik

BOS RINGO - Hari ini, 31 Maret 2015, jika Anda membuka laman Google.com, maka layar pertama yang akan tampil di komputer anda adalah sebuah gambar tentang 126 tahun Menara Eiffel. Setiap Google menampilkan gambar pada halaman google biasa dinamakan Google Doodle. Kali ini, Google Doodle ikut serta Merayakan 126 Tahun Pembukaan Menara Eiffel Ke Publik (lihat gambar di bawah ini). Ada apa yah dengan Menara Eiffel tersebut, dan apa keunikan menara yang mendunia ini. Mari simak selanjutnya di bawah ini.
Google Doodle Hari Ini Merayakan 126 Tahun Pembukaan Menara Eiffel Ke Publik
Google Doodle Hari Ini Merayakan 126 Tahun Pembukaan Menara Eiffel Ke Publik

Menara Eiffel dalam bahasa Perancis Tour Eiffel merupakan sebuah menara besi yang dibangun di Champ de Mars di tepi Sungai Seine di Paris. Menara ini telah menjadi ikon global Perancis dan salah satu struktur terkenal di dunia.

Dinamai sesuai nama perancangnya, Gustave Eiffel, Menara Eiffel adalah bangunan tertinggi di Paris dan salah satu struktur terkenal di dunia. Lebih dari 200.000.000 orang telah mengunjungi menara ini sejak pembangunannya tahun 1889, termasuk 6.719.200 orang tahun 2006, menjadikannya monumen berbayar yang paling banyak dikunjungi di dunia. Termasuk antena setinggi 24 m (79 kaki), struktur ini memiliki tinggi 325 m (1.063 kaki) sejak 2000, yang sama dengan bangunan konvensional bertingkat 81.

Sejarah Menara Eiffel
Struktur ini dibangun antara 1887 dan 1889 sebagai pintu masuk Exposition Universelle, Pameran Dunia yang merayakan seabad Revolusi Perancis. Eiffel sebenarnya berencana membangun menara di Barcelona, untuk Pameran Universal 1888, tapi para pihak yang bertanggung jawab di balai kota Barcelona menganggapnya aneh dan mahal, dan tidak cocok dengan kota itu. Setelah penolakan Rencana Barcelona, Eiffel mengirim drafnya kepada pihak yang bertanggung jawab untuk Pameran Universal di Paris, dimana ia membangun menaranya setahun kemudian, yaitu 1889. Menara ini diresmikan tanggal 31 Maret 1889, dan dibuka tanggal 6 Mei. Tiga ratus pekerja menggabungkan bersama 18.083 bagian besi benam (bentuk murni dari besi struktural), menggunakan dua setengah juta paku, dalam bentuk struktural oleh Maurice Koechlin. Resiko kecelakaan sangat besar, untuk pencakar langit modern yang tak biasa menara ini terbuka tanpa tingkat tengah kecuali dua platform. Tetapi, karena Eiffel mengambil sikap hati-hati, termasuk penggunaan takal bergerak, rel bantu dan layar, hanya satu orang yang meninggal.

Menara ini mendapat berbagai kritik dari masyarakat ketika dibangun, menyebutnya mengganggu mata. Surat kabar harian dipenuhi dengan surat kritik dari komunitas seni di Paris. Salah satunya dimasukkan dalam penerbitan Kantor Penerbitan Pemerintah AS William Watson mengenai Pameran Universal Paris: Teknik Sipil, Pekerjaan Umum, dan Arsitektur 1892. "Dan selama dua puluh tahun kita melihat, membentang ke seluruh kota, masih dijalani oleh orang-orang jenius berabad-abad, kita melihat bentangan seperti bayangan hitam dari kolom hitam yang dibangun dari lempengan besi berpaku.” Penandatangan surat ini meliputi Messonier, Gounod, Garnier, Gerome, Bougeureau, dan Dumas.

Pengarang novel Guy de Maupassant — yang membenci menara itu — makan siang di restoran Menara setiap hari. Ketika ditanyai mengapa, ia menjawab bahwa itu adalah satu-satunya tempat di Paris dimana kita tidak bisa melihat Menara. Hari ini, masih saja dianggap sebagai bagian seni bangunan mencolok.

Salah satu cliché film Hollywood menampilkan pemandangan dari jendela Paris yang selalu menampakkan menara. Kenyataannya, sejak pembatasan tinggi bangunan di Paris menjadi 7 tingkat, hanya beberapa bangunan tinggi yang memiliki pemandangan jelas terhadap menara.

Eiffel memiliki izin berdiri menara selama 20 tahun, yang berarti harus dibongkar tahun 1909, ketika kepemilikannya diserahkan kepada Kota Paris. Kota telah berencana meruntuhkannya (bagian dari peraturan kontes asli untuk merancang menara yang mudah diruntuhkan) tapi setelah menara ini terbukti mendatangkan untung dari segi komunikasi, menara ini dibiarkan berdiri setelah izin tersebut kadaluwarsa. Militer menggunakannya untuk mengatur taksi Paris di garis depan selama Pertempuran Marne Pertama, dan menjadi monumen kemenangan pertempuran itu. Ingin lebih tahu tentang Menara Eiffel, silahkan kunjungi Wikipedia.

Gambar Menara Eiffel yang Sangat Keren
Di bawah ini, kita bisa melihat Beberapa Gambar Menara Eiffel yang Sangat Keren yang bisa kita nikmati. Meski hanya sebuah gambar, anggap saja sudah pernah kesana... hehehe...
Menara Eiffel yang Sangat Keren
Paris oleh Scott Pakulski

Menara Eiffel yang Sangat Keren
Paris oleh Moyan Brenn

Menara Eiffel di malam hari oleh Geof Wilso
Menara Eiffel di malam hari oleh Geof Wilson

Cahaya bangunan malam di Paris oleh Andrea
Cahaya bangunan malam di Paris oleh Andrea

Paris Skyline dengan Sunset oleh James Whitesmith
Paris Skyline dengan Sunset oleh James Whitesmith

28 Fakta Menarik Tentang Menara Eiffel
Inilah 28 Fakta Menarik Tentang Menara Eiffel:
  1. Menara Eiffel diambil dari nama arsiteknya, insinyur Alexandre Gustave Eiffel.
  2. Menara Eiffel adalah bangunan tertinggi di Paris.
  3. Ketinggian Menara Eiffel (termasuk antena dengan tinggi 24 m /79 ft) adalah 324 m.
  4. Ketinggian Menara Eiffel setara dengan 81 tingkat di gedung konvensional.
  5. Pekerjaan konstruksi Menara Eiffel dimulai pada tanggal 26 Januari 1887 dan selesai pada tanggal 31 Maret 1889.
  6. Sampai tahun 1930, Menara Eiffel adalah bangunan tertinggi di dunia.
  7. Struktur besi Menara Eiffel berbobot 7.300 ton, sementara keseluruhan struktur, termasuk bagian non-logam lainnya, beratnya sekitar 10.100 ton.
  8. Lima puluh insinyur dan desainer menghasilkan 5.300 gambar, dan lebih dari 100 pekerja yang dibangun lebih dari 18.000 bagian yang berbeda dari menara di bengkel.
  9. Menara Eiffel diresmikan pada tanggal 31 Maret 1889.
  10. 2.500.000 paku keling dan 18.038 bagian besi membentuk Menara Eiffel.
  11. Pada tahun 1889, biaya pembangunan Menara Eiffel adalah sekitar 7,799,401.31 franc emas Prancis.
  12. Empat pilar Menara Eiffel berdiri di sebuah alun-alun yang berukuran 125 meter di setiap sisi.
  13. Lantai 1 Menara Eiffel berdiri pada ketinggian 57 m, sedangkan lantai 2 dan 3 tingginya masing-masing adalah 115 m dan 276 m.
  14. Angin kencang dapat menggoyangkan Menara Eiffel. Selama badai 1999, bergerak sekitar 13 cm dari posisi awalnya.
  15. Menara Eiffel adalah tempat percobaan pertama radiophonic di Perancis dan juga memainkan peran penting dalam lahirnya televisi Perancis.
  16. Menara Eiffel adalah tempat bagi puluhan antena, segala macam, termasuk tiang televisi yang tingginya 324 meter.
  17. Le Figaro mendirikan sebuah percetakan di lantai dua dari Menara Eiffel tahun 1889. Hingga saat ini, kertas ini diterbitkan di situs dan pengunjung yang membelinya dapat memiliki nama mereka tertulis di salinan mereka.
  18. Menara Eiffel yang dicat setiap 7 tahun. Termasuk di dalamnya warna coklat.
  19. Lukisan-19 dari Menara Eiffel dijadwalkan akan dimulai pada musim gugur 2008
  20. Sekitar 60 ton cat dan jangka waktu 15 sampai 18 bulan diperlukan untuk melukis Menara Eiffel.
  21. Pada hari yang cerah, kita bisa melihat hingga 42 mil jauhnya, dari atas Menara Eiffel.
  22. Dasar Menara Eiffel yang tersebar di area seluas 100 meter persegi.
  23. Menara Eiffel ini terbuka 365 hari setahun.
  24. 4 ton lap debu & kain pembersih, 10.000 cairan pembersih, 400 liter deterjen dan 25.000 kantong sampah diperlukan untuk membersihkan Menara Eiffel.
  25. Menara Eiffel memiliki dua restoran, pada platform pertama dan kedua, dinamakan Altitude dan Jules Verne.
  26. Sampai tahun 2003, lebih dari 200 juta orang telah mengunjungi Menara Eiffel, sejak awal peresmiannya.
  27. Menara Eiffel awalnya dimaksudkan untuk dibongkar dan dijual 20 tahun setelah pembangunannya, namun hal ini tidak pernah terjadi.
  28. Sisi Eiffel Tower, persis di bawah platform pertama, telah ditempel dengan nama dari 72 ilmuwan Perancis terkemuka dan tokoh terkenal.
Demikian Catatan si Bos kali ini mengenai Google Doodle Hari Ini Merayakan 126 Tahun Pembukaan Menara Eiffel Ke Publik. Semoga bermanfaat. Tuhan memberkati.

Sumber: Wikipedia, Facebook, Google

0 Response to "Google Doodle Hari Ini Merayakan 126 Tahun Pembukaan Menara Eiffel Ke Publik"

Post a Comment

Thank you for your comment, I hope you get something from the presentation of this blog.

Tinggalkan Jejak Bos-Bos di Kolom Komentar. Biar Kita Saling Berbagi Pengalaman